Rabu, 08 November 2017

Pengertian Wireless Network

Neverblock.me : VPN Murah - Kamu pasti pernah mendengar kata LAN atau wifi? Sebuah jaringan internet yang dihasilkan dari koneksi antar 2 komputer maupun lebih. LAN atau wifi tersebut merupakan salah satu dari jenis Wireless Network atau jaringan tanpa kabel yang memungkinkan perangkat-perangkat di dalamnya seperti halnya komputer, hp, dan lain sebagainya bisa saling berkomunikasi tanpa kabel.

Wireless itu sendiri dapat diemplementasikan menggunakan komunikasi radio yang berada pada level lapisan fisik atau physical layer dari OSI model.

Pengertian Wireless Network - VPN Indonesia (Credit Image: neverblock.me)

Nah untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini saya jelaskan tipe-tipe wireless network:

Baca Juga:
Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

1. Wireless PAN (WPAN)
Wireless ini merupakan jaringan yang memiliki jangkauan area kecil. Untuk contohnya adalah Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

2. Wireless LAN (WLAN)/Wifi
WLAN merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network biasa juga disebut dengan Wifi memiliki jaringan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan WPAN.

Info:
Semakin berkembangnya kemajuan dari sistem wireless network ini maka tentu celah keamanan pun harus diperkuat, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan VPN cepat untuk memberikan keamanan saat menggunakan jaringan wifi dan sejenisnya. Dengan vpn cepat, tentunya data atau file yang terkoneksi di browser akan terenkripsi dengan baik. Kamu juga bisa download vpn gratis disini.

Pada awalnya, WLAN hanya ditujukan untuk penggunaan perangkat pada jaringan lokal, namun saat ini sudah bisa diakses untuk jaringan internet, bahkan banyak sekali penggunaan Wifi karena dari segi kecepatan dan luas cakupannya yang makin meningkat dan memudahkan pengguna.

3. Wireless MAN (WMAN)
Wireless Metropolitan Area Network memiliki cakupan jangkauan jaringan yang lebih luas dan menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Sebagai contoh teknologi dari WMAN adalah WiMAX.

4. Wireless WAN (WWAN)
Di kantor kamu mungkin memiliki akses jaringan internet yang menghubungkan antara kantor yang satu dengan yang lain, misalnya menghubungkan kantor pusat dengan cabang yang berbeda propinsi. Nah, Wireless Wide Area Network (WWAN) ini bekerja seperti itu dan umumnya menjangkau area yang lebih luas.

5. Cellular Network
Operator seluler menggunakan jaringan wireless yang disebut dengan celluar network atau mobile network, wireless ini memfungsikan jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile, seperti handphone, pager, dan lain-lain. Contoh sistem wireless jenis ini adalah PCS, D-AMPS, dan GSM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar