Selasa, 24 Oktober 2017

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Cara Mendapatkan Akun VPN Gratis di Neverblock.me - Internet di Indonesia telah dimulai pada awal 1990-an yang dimana pada saat itu lebih dikenal dengan paguyuban network. Oleh sebab itu, dengan penamaan paguyuban network maka semangat kerjasama, kekeluargaan serta gotong royong yang bermula dari internet dapat terjalin dengan hangat, saling berbagi, dan begitu aman di antara para pelakunya.

Namun setelah itu, perkembangan internet semakin maju dan berbeda dari permulaannya. Pada masa kini, internet mulai difungsikan untuk beberapa kepentingan, seperti halnya lebih ke arah komersial maupun individual di sebagian aktifitasnya. Bahkan saat ini sudah banyak terjadi perdagangan yang dilakukan di internet sampai dengan perubahan iklim sosial yang semakin surut.

Oleh sebab itu, penggunaan internet yang semakin berkembang tidak lepas dari sejarah munculnya internet itu sendiri.

Baca Juga:
Menggunakan VPN untuk Keamanan Saat Berselancar Maya

Internet di Indonesia

Perkembangan internet itu sendiri pada awalnya memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses jaringan internet yang terjadi pada tahun 1988.

Berdasarkan sumber data dari whois ARIN dan APNIC, IP atau protocol internet yang pertama kali di Indonesia adalah UI-Netlab (192.41.206/24) dan telah didaftarkan pada tanggal 24 Juni 1988 oleh Universitas Indonesia.

Pembangunan internet di awal-awalnya didirikan oleh mereka yang menggunakan protocol internet tersebut, sebut saja seperti: RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo.

Mereka juga lah yang telah mengembangkan internet pada tahun 1992 sampai dengan 1994 dengan mengontribusikan keahlian serta dedikasi mereka masing-masing untuk membangun sistem-sistem pada internet sehingga menjadi sejarah pada jaringan komputer di Indonesia.

Untuk menelusuri sejarah perkembangan internet di Indonesia dapat juga dilihat di beberapa artikel media cetak seperti KOMPAS dengan judul "Jaringan Komputer Biaya Murah Menggunakan Radio" yang telah diterbitkan pada bulan November tahun 1990. Serta beberapa artikel lainnya yang diterbitkan oleh Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989.\

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia (Credit Image: neverblock.me)

Di sekitar tahun 1994 pun mulai beroperasi salah satu provider internet yang bernama IndoNet dengan pimpinannya bernama Sanjaya. Sebagai salah satu ISP komersial pertama di Indonesia, IndoNet mampu melakukan sambungan awal ke internet menggunakan dial-up.

Akses awal dari IndoNet itu sendiri juga mula-mula menggunakan kode teks dengan shell account, browser lynx, dan email client pine yang terhubung ke server AIX.

Meski begitu, ada beberapa povider internet yang sudah berkembang pada saat itu namun belum mengetahui celah bisnis yang ada pada internet serta masih sedikitnya penggunaan internet di Indonesia kala itu. Salah satunya adalah POSTEL.

Di awal-awal tahun 1995, beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa bermunculan dan mulai beroperasi dengan menyediakan jasa akses internet Telnet langsung ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS maka akhirnya pengguna internet di Indonesia kini sudah bisa mengakses dengan mudah melalui bantuan http.

Melihat sejarah perkembangan internet di Indonesia nyatanya banyak mendukung para pengembang untuk terus mendedikasikan keahlian serta ilmunya untuk kemajuan teknologi di Indonesia. Seperti halnya mengenai sistem keamanan data user yang akhirnya dapat terciptanya sebuah aplikasi vpn atau virtual private network.

Dengan aplikasi vpn ini yang memiliki fitur-fitur keamanan, kestabilan, dan lainnya, tentu keamanan serta kenyamanan dalam berinternet bisa lebih terjamin dan terjaga. Bahkan, aplikasi vpn sudah bisa dicoba gratis dan sangat mudah untuk diinstal di berbagai platform sistem operasi, seperti windows, ios, android, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar